• Kontak Kami
  • Hotline : 085721780178
  • SMS : 085721780178
  • BBM : CINCINPD

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Online Pukul 09.00 s/d jam 17.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Libur
Beranda » Artikel Terbaru » Apa itu tarnish dan cara menanganinya

Apa itu tarnish dan cara menanganinya

Diposting pada 3 August 2017 oleh admin

Apa itu tarnish dan bagaimana cara menanganinya ? apa sih sebenarnya tarnish itu? dan kenapa sering banget denger istilah tarnish itu ketika kita membicarakan tentang perhiasan. Jika kita menelusuri pada kamus bahasa Inggris, tarnish memiliki arti ‘kehilangan kecerahan’. Penyebabnya terutama karena terkena udara atau karena kelembaban. Namun berbeda hasilnya pada wikipedia, tarnish terjadi tidak selalu karena terkena udara atau kelembaban. Namun bisa karena reaksi kimia juga. Gampangnya, tarnish itu ada sebuah lapisan korosi yang tipis, terbentuk akibat sebuah reaksi kimia diatas logam.

apa itu tarnishNah, tarnish paling banyak dijumpai pada perhiasan yang menggunakan campuran bahan non-precious metal, atau bahan bukan logam mulia. Salah satunya yaitu pada perak dengan campuran bahan tembaga. Semakin banyak campuran tembaganya, semakin mudah perak untuk tarnish, atau semakin mudah perak tersebut menghitam. Perak juga merupakan bahan anti-tarnish yang lemah, berbeda dengan logam lain seperti emas atau palladium. Atau bahkan platinum. Nah! karena paling banyak pembahasan tarnish ini pada perak, maka kita spesifikasikan yuk, kepada tarnish dalam bahan perak. Atau tarnished silver.

Nah, sebenarnya apa manfaat kita membahas ini, padahal kita lebih fokus pada cincin palladium? yang memang sudah kodrat nya anti-tarnish. Banyak lho, karena pertama, cincin palladium dengan kadar rendah, apalagi kalau kamu membeli yang paket hemat. Yang satu jutaan sepasang itu, masih ada kemungkinan untuk tarnish, kenapa? karena mayoritas bahannya memang perak, sedangkan palladium nya justru lebih sedikit. Pembahasan tentang kadar palladium ada di artikel ini= Kadar cincin palladium.

Sesungguhnya ada berbagai macam cara untuk menghilangkan tarnish ini dalam cincin, terutama dalam cincin perak. Sebagai contoh menggunakan sabun. Bahkan tanpa sabun, sebuah cincin yang kandungan tembaganya sedikit (biasa dibilang perak sterling silver atau perak asli) cukup dengan diusap oleh kain dan tarnish bisa menghilang. Namun itu hanya berlaku pada tarnish yang ringan. Bukan pada tarnish parah atau biasa disebut dengan heavily tarnished.

Dengan menggunakan sabun, kita bisa menghapus tarnish yang agak parah, hal yang biasa kita dengar yaitu memakai pasta gigi. Terkait benar atau tidak nya, sebenarnya semua benar. Namun kita harus memahami separah apa tarnishnya.

Cara paling mantap dalam menghapus tarnish pada perhiasan kamu adalah dengan menggunakan obat pembersih. Di tempat kami, ada obat yang namanya Silver Polish, obat yang bisa menghilangkan tarnish sampai pada level heavily tarnish bahkan sampai cincin berubah warna menjadi hitam-pun masih bisa dimengkilapkan lagi oleh obat ini.

Silver polish diberikan gratis dengan syarat dan ketentuan berlaku, biasanya untuk pembelian dengan jumlah tertentu, akan mendapatkan obat ini. Namun jika dikehendaki, obat ini juga bisa dibeli seharga Rp 25.000 saja, cukup murah kan, dibandingkan dengan hasil yang akan didapatkan?

Apa itu tarnish #2, Apa yang terjadi apabila kita mengelap tarnish dengan kain?

Seperti yang sebelumnya kita bicarakan, tarnish adalah lapisan luar yang sangat tipis. Dan yang akan terjadi apabila kita lap dengan kain, lapisan tipis tersebut akan tertinggal pada kain/lap yang kita gunakan untuk mengelapnya. Kain tersebut semakin sering dipakai, semakin akan berubah menjadi hitam, Namun, cincin atau perhiasan kamu yang dibersihkan akan menjadi tampak mengkilap lagi.

Kembali pada topik tarnish pada cincin palladium tadi. Pertanyaannya, apakah cincin palladium bisa tarnish? jawaban yaitu YA! walaupun tidak semudah cincin perak, (misalkan pada cincin tunangan perak) apalagi kadar palladium yang tua. Hapmir tidak mungkin. Tarnish pada palladium biasa disebut sebagaiĀ palladium oxide. Cincin palladium yang memiliki kadar rendah akan sangat mudah tarnish apalagi jika menggunakan pengeras tembaga atau copper. Apabila dipakai oleh mereka yang mempunyai alergi atau memiliki keringat asam yang tinggi, bukannya tidak mungkin cincin nya akan tarnish. Kami merekomendasikan cincin palladium dengan kadar 35% keatas.

Bagikan informasi tentang Apa itu tarnish dan cara menanganinya kepada teman atau kerabat Anda.

Apa itu tarnish dan cara menanganinya | Jual Cincin Palladium Yogyakarta Terbaik

Belum ada komentar untuk Apa itu tarnish dan cara menanganinya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 2.300.000
Ready Stock / PL-04
SIDEBAR
error: Maaf, konten diproteksi ^_^